RSS

Sakit Harus Bangkit

Hari ini seharusnya aku sedang bersama teman-temanku, di Pagilaran, sebuah perkebunan teh milik UGM yang terletak di Batang,  Jawa Tengah. Namun, karena sakit, aku tak ikut berkunjung ke sana. Banyak teman yang memaksaku untuk tetap ikut. Tidak bisa. badanku benar-benar nge-drop. Apalagi aku orang yang paling tidak kuat dengan perjalanan jauh dan suhu udara di Pagilaran yang katanya dingin luar biasa. Aku takut menjadi tambah nge-drop lagi, jadi kuputuskan untuk tidak ikut saja.

sebenarnya, bukan pertama kali ini aku jatuh sakit saat berada di Yogyakarta. Seminggu yang lalu, setelah menjalani serangkaian acara leadership motivation training yang diadakan di Cangkringan, dekat Gunung Merapi, aku juga mengalami sakit. Saat itu aku benar-benar merasa kacau. Suhu udara di Cangkringan yang sangat dingin, serta pola makan yang tidak teratur dan seringnya aku kehujanan, membuat tubuhku sakit.

Kali ini agak berbeda. aku tak kehujanan atau kedinginan. Entah kenapa? Dokter menyuruhku untuk tetap jaga kesehatan, jangan makan telat, jangan tidur malam-malam dan jangan makan makanan yang pedas, asam, kopi, dan minuman berkarbonasi.

Faktor tidur malam-malam tentu saja dapat aku pahami, karena setiap malam aku selalu lembur mengerjakan laporan atau mengerjakan tugas. Masalah telat makan itu karena aku susah menyesuaikan waktu kuliah dengan aktivitas praktikum dan tugas-tugas kuliah. Mungkin, ada satu lagi masalah yang membuatku tidak nyaman akhir-akhir ini, yaitu keluarga. Aku teringat keluargaku dan kampung halamanku di Lampung. Enam bulan tak bertemu mungkin bisa jadi faktor pemicu, tapi aku berharap ini hanya sebuah hipotesisku saja. Dan pun bila itu benar, semoga aku tidak terlalu berlarut-larut dalam kerinduan ini. Kumohon, aku ingin tetap sehat. Aku ingin menjadi anak yang kuat. Cinta dengan keluarga memang harus, tapi jangan sampai cinta dan kerinduanku ini emnajdikanku racun, membuatku teringat-ingat akan mereka di setipa tindakanku.

Aku ingin move on. Aku ingin kuat!! Tuhan bantu aku. Jaga keluargaku di sana, jaga aku di sini. Berikan kami hidayah, agar tetap di jalan-Mu. Aamiin :)

0 comments: