RSS

Menjadi Smart, Siapa Takut!




Oleh : Rizal Dzikri

Smart adalah suatu pandangan dimana seseorang dapat melakuakan sesuatu dengan cepat dan tepat. Konsep smart itu sendiri pertama kali digunakan oleh George T. Doran pada tahun 1981. George mengatakan SMART adalah Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-based.
Specific
Tujuan yang akan kita tetapkan harus jelas dan spesifik. Jelas akan membantu menguraikan apa yang akan kita lakukan, sedangkan spesifik akan membuat segala upaya kita fokus pada target yang akan dicapai. Jangan membuat tujuan yang masih umum dan mengambang.


Measurable
Apa yang ingin kita capai harus bisa diukur, misalnya berapa lama impian tersebut dapat diwujudkan, berapa besar usaha yang harus kita berikan untuk mencapai impian tersebut, berapa banyak karya yang harus kita hasilkan dan lain sebagainya.


Achievable
Tujuan yang kita tetapkan haruslah bisa dicapai. Dengan begitu kita akan berkomitmen untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai kita menetapkan tujuan yang tidak mungkin kita capai untuk jangka pendek, contohnya kita masih berstatus mahasiswa namun telah memutuskan untuk menjadi presiden setelah lulus sarjana. Memang impian tersebut tidak salah, namun kurang bisa memandang posisi kita sekarang ini ada dimana. Tetapkan tujuan kecil dahulu baru kemudian tujuan besar. 


Realistic
Realistis adalah hal yang harus dipenuhi untuk tujuan yang ingin kita capai. Jangan membuat tujuan yang terlalu sulit sehingga tidak mungkin kita capai. Pilih tujuan sesuai dengan keinginan kita dan lakukan selangkah demi selangkah, hindari melakukan lompatan besar jika kita tidak mengetahui medan yang akan kita lalui.


Time-Based
Dengan time-based kita harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dicapai. Apakah minggu depan, tahun depan, atau lima tahun lagi. Dengan adanya batasan waktu, kita akan terpacu untuk segera memulai melakukan tindakan untuk mencapai target yang telah kita tetapkan.


Setelah mengetahui konsep SMART, saatnya kita kenali apa itu orang yang Smart? Menurut saya, smart tidak selalu berhubungan dengan orang yang memiliki nilai tinggi di sekolah, IPK cum laude, pintar mengerjakan soal matematika dan memiliki IQ yang tinggi. Namun, Smart adalah orang yang dapat menempatkan dirinya untuk sesuai dengan orang dan lingkungan di sekitarnya dan dapat mengambil peluang dari kesemuanya itu. The Right Man in the Right Place. Secara garis besar, Smart dibedakan menjadi 3, yaitu :
Smart secara Intelektual, adalah kemampuan seseorang dalam hal pengetahuan secara matematis, struktural dan berhubungan dengan IQ. Smart secara intelektual sangat dibutuhkan untuk menganalisis setiap masalah dan kejadian sehingga dapat dipecahkan secara tepat dan ilmiah.  Smart secara intelektual ini berhubungan dengan otak kiri, sehingga wajar orang yang tergolong kuadran ini adalah orang yang bawaannya berat. Seperti kacamatanya berat, buku-buku yang dibaca berat dan pemikirannya juga berat.

Smart secara emosional, adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengendalikan sesuatu yang berhubungan dengan emosi, perasaan, imajinasi dan semua hal yang berhubungan dengan otak kanan. Smart secara emosional bisa juga disebut dengan kemampuan soft skill yang meliputi kemampuan untuk berbicara di depan umum, bekerja sama dengan orang lain, kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dan sebagainya. Smart secara intelektual tidak akan menjamin seseorang akan menjadi sukses. Diperlukan keseimbangan anatara smart secara intelektual dan emosional, sehingga manusia yang memiliki keduanya yaitu hard skill dan soft skill yang bagus, akan bisa bertahan di tempat dimana pun ia bekerja dan dapat mempengaruhi orang lain untuk lebih melakukan suatu kerja produktif.

Smart secara karakter, adalah kemampuan seseorang untuk dapat memberikan watak dan kepribadian yang baik dimanapun dan kapanpun. Smart secara karakter ini juga meliputi kemampuan spiritual seseorang. Smart secara karakter menuntut kita untuk bertanggung jawab dalam mengimplementasikan pemikiran kita secara intelektual dan emosional. Untuk itulah banyak sekali istilah karakter dalam menuntut ilmu, karakter dalam bekerja dan sebagainya. Indonesia, dewasa ini telah mengalami degradasi moral. Karakter kita, yang berupa sila-sila dalam pancasila sejak nenek moyang kita dulu ada, kini mulai luntur. Hanyut ditelan globalisasi. Terutama, karakter anak muda dan pemimpin bangsa kita. untuk itu diperlukan pemahaman dan pengimplementasian dari konsep Smart diatas. Jika konsep tersebut sudah dilaksanakan dengan baik, masyarakat Indoneisa akan menjadi manusia yang cerdas dalam akal, emosi dan karakter. Sehingga, impian menjadi negara maju pun bukan lagi sebuah omong kosong, namun kenyataan.
Marilah kita semua mulai mengembangkan konsep smart, mulai dari diri kita sendiri. Tanpa perubahan mendasar dari diri kita sendiri, mustahil kita dapat merubah seseorang untuk dapat menjadi apa yang kita impikan. Kemudian, mulailah dari hal kecil. Sesuatu yang dimulai dari hal kecil akan lebih mudah dilakukan daripada tiba-tiba melakukan sesuatu yang besar. Lakukan dengan selangkah demi selangkah, percaya bahwa jalan yang panjang sekalipun akan tetap terlewati. Dan yang terakhir adalah, mulailah dari sekarang. Mulai detik ini, tanamkan bahwa konsep smart ini kita lakukan untuk memberikan perubahan pada diri kita sendiri, untuk memberikan perubahan pada keluarga kita, untuk memberikan perubahan pada teman kita, dan untuk memberikan perrubahan untuk bangsa kita, menjadi bangsa yang maju dan diakui kehebatannya oleh negara lain.
Dan yang membuat saya merasa smart adalah kemauan saya yang kuat dalam mencapai cita-cita saya. Kemauan yang kuat itulah yang selalu dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan selain ketiga konsep smart diatas. Kalau kita tidak punya kemauan yang kuat, maka ketika pertama kali gagal kita pasti akan langsung putus asa. Tapi, kalau saya tidak pernah mengenal putus asa. Sekali gagal ya coba lagi, kalau gagal lagi ya dicoba lagi sampai tidak ada kata gagal selain SUKSES.

Terimakasih untuk blog Emak Gaoel yang telah membuat acara sehebat ini, semoga aku yang jadi pemenangnya ya hehe :D (peace). Dan saya ucapkan Happy Birthday blog 'Emak Gaoel' yang ke-5 tahun! Semoga semakin jaya, sehat selalu adminnya, dan tambah-tambah deh :D


0 comments: