RSS

Kata-Kata Motivasi

Hidupmu adalah orientation

Masih ingatkah anda dengan pelajaran bahasa inggris tentang generic structure dari narrative? Kalau sudah lupa maka akan saya ingatkan. Hidup kita itu sebenarnya seperti sebuah cerita. Lho kok gitu? Iya, memang. Gak percaya? Ok, akan saya buktikan. Dalam narative text bahasa inggris dikenal dengan empat generic structure yaitu: orientation, complication, resolution dan reorientation.
Akan saya jelaskan sedikit. Orientation adalah suatu bagian dalam cerita narative dimana cerita itu mulai memperkenalkan tokoh-tokohnya, latar tempat, waktu dan mulai timbulnya masalah (complicatio).
Complication adalah masalah itu sendiri dalam cerita narative. Resolution adalah pemecahan maslahnya dan reorientation adalah akhir dari cerita tersebut, bisa happy ending atau sebaliknya, sad ending.

Nah, sebenarnya hidup kita itu sama dengan cerita narative. Ada tokoh, ada latar tempat, latar waktu dan juga konflik. Jika kamu anak muda yang masih semangat-semangatnya dalam berkarya tiba-tiba terpuruk karena putus asa, putus cinta atau apa saja yang menghambat hidupmu, maka saya akan mengatakan pada anda “JANGAN MENYERAH, BERDIRI, BERDIRI DENGAN KEDUA TANGANNMU, TEGAKKAN BADAN KEKARMU, ARAHKAN PANDANGAN KE DEPAN DAN KATAKAN PADA DUNIA ‘AKU BISA MENGGAPAI DUNIA’ SEKUAT-KUATNYA”.

Mengapa saya berkata seperti tu, alasannya karena sering kali kitaanak mudaselalu saja terhenti karena sebuah hal kecil. sering kali kita menganggap masalah yang muncul itu sebagai tembok penghalang yang tak bisa ditembus. Kita selalu menganggap begitu sulit untuk keluar dari masalah tersebut. Sayang sekali jika karir anda harus terpuruk hanya karena masalah sepele seperti itu. Stop!! Jangan teruskan! Ayo berubah! Saatnya anak muda berkarya dan berprestasi.
 Masalah yang kita hadapi ini hanyalah orientation, orientation dalam cerita narative. Karena dalam orientation itu semuanya serba di perkenalkan, tokoh diperkenalkan, tempat diperkenalkan,waktu diperkenalkan dan masalah (konflik) juga mulai diperkenalkan. Janganlah terus berlarut-larut dalam kesedihan dan menganggap dunia telah berhenti.  Yang kamu hadapi itu hanyalah orientation dari keseluruhan hidupmu wahai anak muda. Hidupmu masih panjang, sangat panjang. Jadi teruslah berusaha dan berkarya. Jadikan masalahmu itu sebagai orientation, biarkan orientation itu terus berkembang dengan konflik, dan konflik itu dengan sabar dan ulet kita pecahkan menjadi resolution supaya ada akibat reorientation yang happy ending. Dan  saat itu juga sebenarnya Tuhan telah meninggikan derajat kita sebagai hadiah karena telah bersabar menghadapi ujiannya.


By rizal dzikri
2 maret 2013

0 comments: