RSS

Harapan Untuk Mikrobiologi



Karya : RIZAL DZIKRI

Mikrobiologi kini telah berkembang sangat pesat. Dari yang dahulu hanya dimanfaatkan dibidang makanan, contohnya pembuatan tempe, kecap dan arak, sekarang hampir menjamah semua bidang kehidupan, seperti industri, bioteknologi, kesehatan, peternakan, pertambangan dan juga pertanian. Begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pemanfaatan mikroorganisme. Dan sebuah data menunjukkan bahwa, sebenarnya mikroorganisme yang menguntungkan jauh lebih banyak daripada mikroorganisme yang merugikan. Anggapan banyak masyarakat yang menganggap mikrobiologi adalah hal yang berbahaya tentu tidak benar. Masyarakat kini harus memahami, bahwa kehidupan mereka sekarang dapat berkembang sejauh ini adalah berkat jasa perkembangan ilmu mikrobiologi.
Harapan saya untuk ke depannya adalah, saya ingin mikrobiologi menjadi sebuah ilmu yang terus mendukung kemajuan umat manusia, yang menyokong semua kehidupan manusia. Saya ingin banyak mikrobiologis (termasuk saya) yang menemukan berbagai penemuan baru. Ada begitu banyak mikroorganisme yang belum diketahui spesies dan kegunaannya. Nah, itulah sebuah tantangan baru, bagi kita mikrobiologis untuk terus meneliti dan menggali semua potensi yang ada di dalam setiap mikroorganisme, tiap sekresi yang mereka hasilkan dan asam amino yang mereka produksi pasti memiliki manfaat, hanya saja kita yang belum mengetahuinya.

Saya ingin, dengan mikrobiologi sektor pertanian Indonesia bisa maju, petani dan mikrobiologis hidup makmur. Mikrobiologi pertanian tak hanya menjadi program studi di fakultas pertanian namun bisa menjadi sebuah fakultas sendiri, tak hanya khusus untuk pertanian namun juga pertambangan, kesehatan, industri dan bioteknologi. Saya berharap, kesuksesan itu tak hanya di Universitas Gadjah Mada saja, tapi fakultas mikrobiologi juga dibuka di Universitas lain sebagai sebuah disiplin ilmu yang baru. Saya ingin akan ada banyak mikrobiolovers yang tertarik di bidang mikrobiologi. Jutaan manusia berbondong-bondong mempelajari ilmu tersebut. Dan juga tersedianya banyak lapangan pekerjaan untuk lulusan mikrobiologi, sehingga mikrobiologis hidup dengan sejahtera dan makmur. Aamiin. 

0 comments: