RSS

Ingin Sekolah atau Ingin Kos


Pertanyaan tersebut sering saya lontarkan pada orang-orang yang selalu melengkapi barang-barang tidak berguna di kosnya. Contohnya saja speaker, DVD, playstation dan sebagainya. Sebenarnya tidak masalah bagi saya ataubagiyang lain jika kalian ingin membeli barang-barang seperti itu, memang barang seperti itu kadang dibutuhkan saat kondisi kita sedang strees dan sangat membutuhkan hiburan, namun bukan berarti kalian terus bermain-main dan lupa waktu untuk belajar dan kuliah. Bahkan kegiatan kalian yang tersebut kadang akan mengganggu kenyamanan penghuni kos lainnya. Contohnya saja jika kalian mendengarkan musik menggunakan spekaer dengan volume yang sangat kencang atau kalian sedang bermain playstation padahal penghuni lain sedang belajar. Tentu sikap kalian ini telah merenggut hak penghuni kos lain yang menginginkan ketenangan dalam lingkungan kosnya.

Daripada membeli playsation yang sama sekali tidak ada korelasinya dengan kuliah, lebih baik teman-teman membeli buku-buku yang dapat menunjang kegiatan belajar. Dari pengamatan kaca mata saya, lebih banyak teman-teman mahasiswa yang punya barang mewah namun tidak memiliki buku pembelajaran di kampus. Akhirnya mereka kuwalahan saat ujian tiba. Pinjam buku sana, pinjam buku sini, fotocopi tugas teman dan sebagainya. Akibat dari barang-barang yang tidak berguna tersebut bukan hanya pemborosan waktu, namun juga pemborosan uang. Lebih baik uang tersebut ditabung atau untuk hal-hal bergunalainnya,seperti modal usaha dan lain-lain. Semua itu jauh lebih bermanfaat ketimbang membeli barang-barang yang tidak ada kaitannya dengan kuliah.

Tetapi, kalau kalian tetap ingin beli sih juga tidak apa-apa,saya tidak rugi, saya hanya mengingatkan. Toh, itu hak kalian, itu duit orang tua kalian. Terserah saja jika ingin dibeli. Asalkan saja, kalian menggunakannya dengan bertanggung jawab dan tidak mengganggu penghuni kos lainnya.

Maaf ya kalau ada salah kata, atau perbuatan yang tidak berkenan di hati teman-teman sekalian. Saya hanya manusia biasa. Sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi manusia lain. Berguna bagi orang lain adalah dengan mengingatkan akan kebenaran dan kesabaran.

See You

RIZAL

0 comments: