RSS

Sabar Tidak Ada Batasnya




Kesabaran tidak ada batasnya. Orang yang mengatakan kesabaran ada batasnya, karena dia berhenti bersabar. Sesungguhnya, kesulitan dan kesedihan ini sementara. Yang lebih baik sedang dalam perjalanan menemuimu.Engkau berhak bagi yang lebih baik, bersabarlah.
Para ulama mengatakan bahwa :
الصبر لا يحد      
"Sabar itu tidak ada batasnya", karenanya pahalanya pun tanpa batas. Dalilnya adalah firman Allah berikut ini 

قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ

"Katakanlah: 'Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.'" (QS. Az-Zumar: 10)

Pahala sabar adalah pahala yang tanpa batas, menurut  As Sa'di: yang dimaksud tanpa batas disini adalah tanpa ada batas akhir / tepi, tidak dihitung dan tidak diukur. Maka tentu saja kesabaran juga tanpa batas.

Kesalahan sebagian orang menganggap bahwa sabar itu ada batasannya, maka bantahannya adalah surat Az Zumar tersebut. Namun jika kita menghadapi seseorang yang mengganggu terus menerus, bisa dianggap itu adalah orang yang fasik. Maka kita diperintahkan untuk menjauhi mereka atau berlepas diri dari mereka.

0 comments: