RSS

Apa yang Kamu Lewatkan di Pagi Hari?





Banyak teman-teman saya yang mengeluh ketika mendapat jam kuliah pagi hari, pukul 7 pagi misalnya. Dan banyak yang bahagia setengah mati ketika mendapatkan jamkuliah di siang hari. Pukul 10, 11 dan sebagainya. Kalau saya lebih suka kuliah di pagi hari karena otak saya masih fresh.

Bagi kebanyakan teman-teman saya, memang mengakui bahwa kuliah di pagi hari lebih mudah menangkap mata kuliah daripada di siang hari karena otak kita belum memiliki banyak beban, namun yangdisayangkan bagi kebanyakan teman-teman saya adalah harus bangun pagi. Harus bangun pagi? Ya, banyak teman-teman saya yang suka bangun tidur pukul 8, 9, 10 dan seterusnya. What? Bagi mereka bangun tidur siang adalah sebuah kenikmatan, sebuah kepuasan tersendiri. Untuk memanjakan diri dan meremajakan kulit.

Kalau saya sangat jarang jarang sekali bangun diatas pukul 6 pagi. Sangat jarang. Ya, saya terbiasa bangun pagi,karena harus salat subuh. Saya mulai mempertanyakan teman-teman saya yang muslim, bagaimana dia bisa salat subuh kalau baru bangun tidur jam 8 ke atas? Apakah setelah salat subuh kalian tidur lagi?

Perlu diketahui, ada banyak manfaat kita diperintahkan oleh agama untuk bangun pagi dan melarang tidur kembali setelah fajar terbit. Salah satunya adalah untuk memudahkan rezeki. Banyak hadis yang mengatakan demikian.

Alasan lain adalah karena faktor kesehatan. ada banyak hal yang dilewatkan jika kalian bangun siang hari, yaitu : kesempatan untuk berolahraga di pagi hari, kesempatan untuk menghirup udara bersih, kesempatan untuk berdoa, dan kesempatan untuk mendengar kicau burung yang sangat merdu (khusus yang tinggal di daerah dengan populasi burung masih banyak)

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk berolahraga. Bisa senam, jogging, atau pemanasan di sekitar rumah. tidak banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut. Sejatinya olahraga adalah aktivitas yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Setidaknya kita dianjurkan untuk berolahraga 3 atau 4 kali dalam seminggu, syukur kalau bisa setiap hari. Hindari berolahraga di malam hari, seperti futsal, dan permainan lainnya. Olahraga di pagi hari tidak baik bagi tubuh.

Di saat pagi, udara terasa segar dan sejuk. Tidak banyak kendaraan yang lalu lalang. Menghirup oksigen dalam tempo 30 menit sehari dapat menyehatkan tubuh, apalagi jika diimbangi dengan berolahraga. Manfaatkan udara pagi yang bersih dengan sebaik-baiknya sebelum siang hari yang panans, berdebu dan penuh asap kendaraan bermotor menghalangimu.

Nah, banyak kan manfaat bangun di pagi hari, dilihat dari segi kesehatan, agama, sosial dan lain-lain. kalau kurang jelas bisa deh tanya google.com  (jiah sama aja). Yang penting, ayo bangun pagi, sekalipun itu libur kuliah, sekalipun ada jam siang, sekalipun tidak bekerja, harus wajib kudu bangun pagi. Dan rasakan perubahannya setelah kamu lakukan kebiasaan itu selama 1 bulan berturut-turut. J

0 comments: