RSS

Bukan Mahasiswa Kuper Biasa




“aku sering ke perpustakaan di kampus, tapi bukan hanya untuk membaca buku dan belajar, namun untuk ngadem dan menenangkan diri”

Ada beberapa temanku yang mengatakan bahwa aku adalah tipe mahasiswa study oriented. Loh kenapa? Aku tanya kaget. Agak sedikit bangga sebenarnya, karena mukaku ternyata kelihatan sangat jenius di mata teman-temanku. Ternyata eh ternyata, mereka melihat aku sering ke perpustakaan setelah kuliah usai. Oh, begitu ceritanya. Sayang sekali, mereka salah sangka.

Perlu kalian ketahui, sebenarnya ada beberapa alasan kenapa aku sering ke perpustakaan setelah kuliah selesai. Alasannya:

1.       Perpustakaan itu adem, banyak AC, banyak kipas angin. Sepoi-sepoi rasanya, apalagi kalau sambil tiduran, menunggu kuliah selanjutnya pun jadi enak. Berbeda dengan kalau setelah kuliah langsung cabut ke kosan, panas terik matahari membakar kulitku ketika jalan ke kosan, belum lagi di kosanku tidak ada kipas angin.

2.       Di perpustakaan ada wifi gratis. Bagi kamu, aku juga, penggila koneksi internet secara gratis  maka perpustakaan adalah salah satu tempat yang pas untuk internetan. Mau social media, download video, mp3, atau mengerjakan tugas kuliah bisa di sini. Dan koneksi internet di perpustakaan adalah salah satu koneksi internet di dunia, maaf maksudnya di fakultas. Karena salah satu moto perpustakaan adalah gerbangnya ilmu pengetahuan, maka koneksi internet di perpustakaan adalah senjata meraih pengetahuan, walaupun kenyataannya lebih banyak digunakan untuk keperluan non edukasi hehe.

3.       Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk menenangkan diri. Misalnya kamu sedang ingin meditasi, atau mendengarkan musik atau apapun yang membutuhkan ketenangan datanglah ke perpustkaan. Setiap orang yang ada di perpustakaan wajib tenang, tidak boleh bersuara. Baca buku harus tenang, belajar harus tenang, mengerjakan tugas kuliah harus tenang. Bahkan tidur pun boleh di perpustakaan, asalkan tenang dan tidak ketahuan.


Nah itu adalah beberapa alasan kenapa aku sering ke perpustakaan, tidak sering sih sebenarnya. Pesanku Cuma satu kalimat : “perpustakaan bukan hanya tempat main-main seperti alasanku di atas, perpustakaan adalah sarana penunjang mahasiswa untuk memperbanyak pengetahuan mereka, jadi manfaatkan perpustakaan sebaik-baiknya, jangan biarkan buku-buku di perpustakaan berdeu dan dimakan rayap, gunakan, baca, dialah pintu menuju kesuksesan, lagipula kita sudah bayar mahal kan untuk biaya pendidikan, sayang kalau tidak dimanfaatkan, setidaknya bisa dijadikan referensi untuk mengerjakan tugas dan tempat menemukan orang-orang yang baik untuk diajak berdiskusi, awesome!!”
(Buset itu pesannya satu kalimat tapi panjang amat ya)

0 comments: