RSS

Tips Sehat Memilih Sarapan Tepat di Pagi Hari





Sarapan pagi merupakan kegiatan terbaik pemberian nutrisi bagi otak dan seluruh anggota tubuh sebelum memulai aktivitas harian. Banyak penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan di pagi hari cenderung cepat lelah dalam beraktivitas dibanding yang rutin sarapan pagi. Namun, tidak jarang dari kita yang sering melewatkan kegiatan yang sangat penting ini di pagi hari. Ada berbagai alasan yang membuat banyak orang enggan sarapan pagi, misalnya karena tidak ada waktu, tidak terbiasa atau bahkan ada beberapa orang yang merasa mual saat sarapan pagi.

Berikut ini tujuh tips sarapan sehat dan tepat yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan di pagi hari:
1. Sarapan yang membuat kenyang sepanjang pagi
Bila Anda ingin merasa kenyang sepanjang pagi, maka jenis makanan yang cocok untuk kondisi seperti ini adalah berbagai produk berbahan dasar susu, dan yang paling disarankan adalah Greek yogurt, yaitu jenis yogurt yang mengalami beberapa kali penyaringan sebelum disajikan. Sangat disarankan untuk  mengonsumsi Greek yogurt sebanyak 200 hingga 300 ml setiap pagi, dan akan lebih bergizi jika ditambahkan kacang almond dan buah  kaya serat, seperti pir, anggur, serta dapat pula ditambahkan oatmeal.Jenis yogurt ini mampu membantu lambung bekerja sesuai kapasitasnya sehingga membuat penyerapan sari-sari makanan menjadi lebih efektif.

2. Sarapan untuk kondisi yang serba cepat
Bila Anda tipe orang yang sangat sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk sarapan pagi maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan berbahan dasar buah atau kacang yang rata-rata mengandung 10 gram protein dan 5 gram serat lebih banyak, serta tidak ketinggalan kandungan antioksidan yang cukup, dengan begitu nutrisi untuk tubuh Anda dapat terpenuhi dengan baik.

3. Jika harus terpaksa sarapan di perjalanan menuju tempat aktivitas
Jangan khawatir jika Anda tidak sempat menyiapkan sarapan sehat di rumah karena sekarang  ini semakin banyak pedagang makanan menjual sarapan pagi, pilihannya pun beragam. Sangat disarankan untuk membeli sarapan praktis berbahan dasar tepung dan sebisa mungkin mengandung telur dan sayuran, seperti pastel, sandwich, dan aneka jajanan pasar. Dan sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi berbagai kudapan yang mengandung banyak minyak di pagi hari.

4. Jika jarang merasa lapar hingga siang hari
Terkadang ada beberapa orang yang sama sekali tidak merasa lapar dari pagi hingga siang hari, dan umumnya akan merasa 'eneg' jika dipaksa sarapan. Beberapa ahli nutrisi menyarankan bagi orang-orang yang mengalami hal seperti ini untuk mengonsumsi smoothie atau jus buah segar setiap pagi. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga asupan nutrisi dan vitamin dalam membangkitkan energi untuk beraktivitas setiap harinya. Mengkonsumsi smoothie juga dapat mengurangi rasa eneg yang ditimbulkan saat Anda sarapan di pagi hari, karena rasanya yang segar, kaya serat, dan ringan untuk dijadikan sarapan.

5. Jika membutuhkan tenaga untuk latihan kebugaran
Bagi Anda yang selalu meluangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari, maka perlu diperhatikan pula makanan apa yang cocok untuk Anda. Karbohidrat dan protein adalah jawabannya. Karbohidrat dan protein sangat penting untuk sumber tenaga, memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah berlatih kebugaran dan  jika dikonsumsi sebagai sarapan pagi hal ini akan membantu mengurangi dampak kerusakan pada jaringan otot tersebut. Disarankan mengonsumsi setangkup roti gandum dengan isian selai kacang, beberapa potongan pisang, dan segelas susu tanpa lemak sebagai sumber tenaga yang cukup besar untuk memulai berlatih kebugaran.

6. Jika ingin menurunkan berat badan
Bagi Anda, terutama kaum hawa yang menginginkan tubuh yang langsing, jangan takut untuk sarapan di pagi hari. Bahan makanan yang tepat dapat menurunkan berat badan dan membantu anda diet.Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi gabungan antara dua butir telur dan secangkir teh hijau dapat membantu membantu diet kalori lebih besar 65 persen dibandingkan sebatas meminum teh hijau saja.

7. Sarapan untuk kesehatan organ hati
Ada banyak orang di dunia ini yang mencintai tubuhnya, mencintai oragan hatinya. Oleh karena itu sebagian orang rela makan oatmeal setiap hari untuk menjaga fungsi hati. Mungkin sarapan oatmeal terasa membosankan untuk menjaga kesehatan organ hati. Jangan khawatir, karena Anda dapat mensiasati dengan mengkonsumsi telur. Disarankan untuk mengkonsumsi  telur dadar tanpa minyak dan sedikit garam, beberapa potong alpukat, serta saus tomat jika mengingkan tambahan rasa.

Demikianlah beberapa tips hebat, tepat dan sehat dalam memilih sarapan pagi. Harus kita sadari bahwa tubuh kita sangat membutuhkan sarapan pagi, karena selama tidur pada malam hari, kita kekurangan banyak sekali tenaga. Oleh karena itu, sarapan pagi berfungsi sebagai recharger untuk tubuh kita. Dengan sarapan pagi kita juga dapat  jadi, jangan lewatkan sarapan pagi ya, teman-teman.

0 comments: