RSS

Surga Peseda itu Bernama Amsterdam





Pada abad 21 ini, bersepeda adalah aktivitas yang sangat jarang dilakukan. Hingga pada suatu hari, bersepeda menjadi trend gaya hidup. Orang-orang berlomba-lomba membeli sepeda, mengikuti konvoi setiap hari libur dan sebagian lagi bersepeda untuk olahraga sekaligus gaya hidup.

Di dunia ini, ada sebuah kota surganya bersepeda. Wisatawan dan warga lokal berkeliaran menggunakan sepeda dari satu tempat ke tempat lain, di manakah itu? Kota Amsterdam, ibukota negara Belanda. Ini adalah kota pusat bersepeda yang menakjubkan. Diperkirakan ada 600 ribu sepeda yang hampir digunakan setiap hari. Kota ini adalah surganya pesepeda, sehingga kekacauan yang ditimbulkan kendaraan bermotor bisa terkontrol. Pemerintah juga mengatur supaya pengguna sepeda di kota ini dapat bersepeda dengan baik tanpa menggangu pejalan kaki, ataupun pengguna kendaraan bermotor.

Sepeda klasik masih populer di sini, bel masih terdengar seperti lonceng, sepertinya sangat ketinggalan zaman. Tapi, warga senang menggunakannya dan menganggap itu sebagai barang antik. Ketika warga kota-kota besar lain menggunakan sepeda untuk sekadar berolahraga, tidak di Amsterdam. Penduduk naik sepeda untuk pergi ke kantor maupun menuju sekolah. Di sini, wisatawan bisa lihat pria dalam setelan jas ataupun wanita dengan gaun sedang naik sepeda.

Pemerintah juga menekankan peraturan bagi pengguna sepeda. Trotoar di sisi jalan tetap disediakan untuk pejalan kaki, pengguna sepeda dilarang menggunakannya.Agar pengguna sepeda lebih tertib, dikeluarkan juga buku panduan. Jadi, ada ketentuan tertulis bisa mereka bawa kemana pun dan dibaca kapan pun.

Bayangkan jika pemerintah Indonesia melakukan hal yang sama pada ibukota negara, Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Saya yakin kemacetan karena kendaraan bermotor akan berkurang dan polusi udara akan menurun drastis. Namun, kebiasaan ini jangan hanya dijadikan sebagai lifestyle saja, saat tren orang naik sepeda berbondong-bondonglah orang-orang menaiki sepeda, saat tren berganti, seeda hanya dibiarkan berdebu di gudang. Menggunakan sepeda tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga baik untuk psikologi kita, selain dapat membuat stamina kuat, bersepeda dapat meningkatkan kepercayaan diri, mendapatkan tidur lelap di malam hari, bekerjanya metabolisme tubuh dengan baik dan otak menjadi lebih cerdas karena sirkulasi darah dan udara berjalan dengan lancar.

Nah, kalau orang-orang di Amsterdam saja bersepeda dan mengakui keampuhan dari bersepeda kenapa kita tidak bersepeda saat ke kantor atau ke sekolah?



0 comments: