RSS

Mengapa Orang Indonesia Banyak yang Tidak Kaya






Orang Indonesia itu banyak yang kaya. Kekayaannya tidak tanggung-tanggung, bahkan dari mereka banyak yang masuk daftar orang terkaya di dunia. Sayangnya, orang miskin di Indonesia jauh lebih banyak. Ketipangan sosial masih sangat tinggi. Namun, penduduk kelas menangah ke bawah pun mulai bertambah.
Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Hasil tambang, minyak dan gas bumi Indonesia sangat banyak. Tanahnya subur, matahari bersinar sepanjang tahun, tanaman tumbuh dengan baik dan hasil pertanian di Indonesia adalah salah satu yang terbaik didunia. Tetapi, mengapa masih banyak orang miskin di Indonesia?

Jawabannya sederhana, semua ini hanya masalah perut. Lho kok gitu? Iya, gampang saja, orang Indonesia sejak dulu sudah terbuain dengan kekayaan alamnya. Mereka terlalu dimanja dengan hasil bumi dan alam yang berlimpah, sehingga yang menjadi tujuan hidup mereka tidak muluk-muluk. Perut kenyang, tidur nyenyak, dan hati senang. 

Kita lihat tetangga negara kita, Jepang. Negara dengan kekuatan ekonomi terbaik ketiga di dunia ini memang bukan negara yang kaya akan hasil tambang, minyak bumi, gas dan mineral lainnya. Matahari tidak menyinari negara Jepang sepanjang tahun sehingga mereka hanya dapat bercocok tanam di waktu-waktu tertentu saja.  Lahan pertanian mereka pun sangat kecil dan tidak subur. Tapi, mereka dapat memenuhi kebutuhan pangan mereka sendiri tanpa bergantung dengan negara lain.

Kondisi alam yang tidak kaya, membuat orang-orang Jepang termotivasi untuk maju. Berbondong-bondong warga Jepang di sekolahkan di luar negeri, belajar berbagai ilmu dari berbagai negara yang telah maju. Setelahnya, mereka yang dulu belajar di luar negeri ditarik kembali ke Jepang. mereka diperintahkan untuk menterjemahkan buku-buku dari berbagai negara ke dalam bahasa Jepang dan mengajari masyarakat Jepang supaya menjadi lebih cerdas. Berkat kegigihan, semangat ingin maju dan terus berinovasi telah menjadikan negara Jepang sebagai negara sorotan dunia. Dialah kiblat teknologi dunia. Produk industri buatan Jepang adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Mayoritas orang Jepang adalah orang kaya. Pun kalau dia miskin, apabila pindah ke Indonesia akan menjadi orang kaya atau setidaknya menjadi orang kelas menengah ke atas. Ya, pendapatan per kapita penduduk Jepang sangat tinggi. Orang Jepang memiliki etos kerja yang sangat tinggi, dan jam kerja rata-rata orang Jepang adalah tertinggi di dunia, sekitar .... Bahkan, satu orang Jepang dapat melakukan pekerjaan membuat sebuah mobil yang biasanya dikerjakan oleh tujuh orang di negara lain. Luar biasa.

Bandingkan dengan orang Indonesia. Malas belajar, malas berinovasi, budaya konsumtif, pemikirannya pendek dan menganggap pendidikan tidak terlalu penting. Ya, walau dunia telah berkembang dengan pesat namun masih banyak orang Indonesia yang menganggap pendidikan tidak penting. Buktinya banyak anak mereka yang tidak di sekolahkan. Pun kalau ada anak yang bersekolah tinggi, cita-citanya pun tidak muluk-muluk, jadi PNS atau pegawai bank. Selesai. Gajian tiap bulan, bisa beli kendaraan, bangun rumah, perut kenyang dan hati senang.

Simple memang paradigma orang Indonesia. Jarang yang berpemikiran maju dan ingin mengubah setiap aspek kehidupan supaya nantinya dapat menguntungkan rakyat banyak. Contohnya saja pembangunan sektor pertanian yang maju dan modern atau menjadi pengusaha yang dapat membuka lapang pekerjaan bagi banyak orang. Tentu, cara tersebut dapat meningkatkan angka pengangguran dan pendapatn per kapita penduduk Indonesia sehingga masalah kemiskinan tertuntaskan.

Adanya inovasi itu juga penting. Dulu, mobil-mobil buatan Amerika sangat laku keras di pasar dunia. Tenaganya kuat, kencang dan tahan banting. Orang Jepang belajar dari orang Amerika cara membuat mobil. Setelah orang Jepang menguasai tekonologi tersebut, mereka membuat inovasi, karena mobil Amerika yang sangat boros bahan bakar. Terciptalah mobil buatan Jepang yang bertenaga, kencang, tahan banting dan hemat bahan bakar.

Orang Indonesia juga harus seperti itu. Kira-kira apa kekurangan dari teknologi-teknologi yang ada saat ini, coba pelajari, temukan jawabannya dan buatlah inovasi. Jiwa inovasi harus ditumbuhkan pada masyarakat Indonesia, begitu juga dengan budaya gila menuntut ilmu dan budaya literasi. Sehingga nantinya, Indonesia tidak harus lagi bergantung pada negara lain. kelola semua sumber daya kita sendiri, lahan pertanian kita tanami dengan maksimal, teknologi terus dikembangkan sebaik-baiknya. Kita bisa menjadi negara maju. Kita bisa melakukan itu semua. Karena orang-orang Indonesia bukanlah orang-orang bodoh, mereka hanya malas dan masih memikirkan kepentingan dirinya sendiri serta tidak berpikiran jauh ke depan. Kalau ketiga sifat tadi sudah dimiliki mayoritas masyarakat Indonesia, jangan heran jika Indonesia menjadi negara adi daya menyandingi Amerika, China, Rusia dan Jepang.

Teman-teman, ayo kita berjuang. Bukan saat kita bermalas-malas, malu atau takut. Lakuakan saja apa yang menurut kalian itu benar. Teruslah bermimpi, teruslah mencari, teruslah mengejar, teruslah belajar, teruslah berdoa, teruslah berdoa, Tuhan akan mengabulkan impain kita untuk menjadikan negara Indonesia menajdi negara maju baik intelektual maupun moral. 

0 comments: