RSS

Selokan Mataram Benar-benar Selokan




Selokan Mataram adalah aliran air yang mengalir di sepanjang jalan depan Fakultas Kehutanan UGM hingga di depan jalan fakultas Teknik UNY. Salah satu alirannya melintasi daerah Karang Bendo, dekat Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Setiap hari aku melewati jalan dekat mengalirnya air di Selokan Mataram. Kuperhatikan airnya coklat keruh, dan sesekali mengambang plastik, sampah rumah tangga dan sampah lainnya.

Ada tulisan dilarang buang sampah di sepanjang aliran Selokan Mataram, namun tetap saja warga membuang sampah ke Selokan Mataram. Seolah, slogan-slogan tersebut dianggap tidak pernah ada atau warga sekitar yang tidak memiliki kepedulian akan aliran air di Selokan Mataram.

Susah sekali mengubah paradigma masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai atau aliran air. Kurangnya kesadaran di dalam diri sendiri dan tidak tegasnya pemerintah atau pemimpin di daerah tersebut untuk melarang serta mengecam dengan keras untuk tidak membuang sampah di sungai. Adanya denda yang cukup besar mungkin akan menyadarkan masyarakat bahwa mencintai sungai itu sangat penting. Selain sebagai aliran irigasi, tempat hidupnya biota air, dan bersihnya lingkungan perairan juga memperngaruhi kesehatan masyarakat di daerah tersebut.

Sungai yang bersih bukan hanya indah dipandang oleh mata, namun juga dapat memberikan pemasukan pendapatan, misalnya dengan membuka pariwisata, edukasi dan lain-lain. jika sungai bersih, ikan-ikan dan beberapa hewan air pun akan hidup denga baik sehingga warga sekita dapat memanfaatkan sebagai bahan makanan yang bergizi atau dijual.

Semoga untuk ke depannya baik pemerintah daerah maupun warga sekitar dapat lebih peduli pada keberadaan Selokan Mataram.

0 comments: