RSS

Leave Your Comfort Zone





Ada yang bilang kalau ingin sukses maka harus “berenang melawan arus air”. Seperti ikan salmon yang melawan deras arus sungai untuk kembali ke lautan untuk bertelur. Mereka punya banyak hambatan, selain arus yang kuat, namun pemangsa sepertiberuang punakan membahayakan nyawa mereka. Namun pada akhirnya mereka berhasil ke lautan dan bertelur untuk meneruskan generasinya. Benar juga. Jika ingin sukses memang harus punya cara sendiri yang tidak harus sama dengan kebanyakan orang.

Banyak orang ingin menjadi kaya, tapi mayoritas dari mereka memilih zoa nyaman. Menjadi pegawai, PNS, dan sebagainya. Mereka aman secara finansial tapi tidak bebas. Kehidupan mereka dibelenggu, jika ingin punya lebih banyak uang maka kita harus bekerja lebih keras dan lebih lama, sedangkan umur kita sendiri terus bertambah dan performa kerja kita terus menurun.

Sedang bagi sebagian kecil orang, melihat kesuksesan dengan mengambil jalan yang berbeda, bahkan bertolak belakang dengan kebanyakan orang. Mereka adalah ikan salmon yang melawan arus sungai yang deras untuk menuju ke lautan yang luas. Mereka adalah orang-orang yang meninggalkan zona nyaman dan memilih untuk mengambil resiko. Hasilnya, mayoritas orang-orang semacam ini sukses, punya banyak uang dan menjadi bos. Mereka tidak hanya aman secara finansial, tetapi mereka sudah bebas secara finansial. Artinya mereka bebas melakukan apapun untuk menghabiskan uang mereka bersama orang-orang yang mereka sayangi. Inilah definisi “kaya” yang sesungguhnya. Menikmati jerih payah mereka dengan orang yang kita sayang.

Kebanyakan orang yangaman secara finansial (PNS, pegawai, dokter dll), punya banyak uang namun tidak punya banyak waktu untuk menghabiskan jerih payah mereka bekerja bersama keluarga, bersama orang yang mereka sayang. Mereka terpacu utnuk bekerja, bekerja dan terus bekerja. Apa menariknya kehidupan yang seperti ini?

Saya lebih setuju dengan ikan salmon. “leave your comfort zone”. Karena itu aku bercita-cita sebagai pengusaha yang sukses. Aamiin. (ikut diaamiinkan ya)

0 comments: